Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

KIZUNA INDO - Bila teman-teman ingin belajar  bahasa Jepang, hal yang paling dasar untuk kalian ketahui adalah pengenalan diri atau dalam bahasa Jepang disebut Jikoshoukai/自己紹介. Karena untuk berinteraksi dengan orang yang baru kenal atau yang baru pertama bertemu biasanya orang Jepang selalu memperkenalkan dirinya. Baik itu dalam pertemuan pribadi, sekolah atau bisnis sekalipun.




Untuk itu, isi yang disampaikan dalam Jikoshoukai pun relatif berbeda-beda tergantung dengan tempat dan keadaan. Bila hanya dengan teman baru kita hanya perlu memperkenalkan diri secara sederhana dan apabila dalam situasi interview pekerjaan maka kita harus menyampaikan informasi yang lebih deatail seperti pengalaman kerja dan sebagainya.


Contoh perkenalan diri yang paling dasar :


1. はじめまして。 / Hajime mashite / Perkenalkan

2. 私はアリヤシファです。 / Watashi wa Ariya Shifa desu / Saya Aliya Shifa

3. アリヤと呼んでください。 / Ariya to yonde kudasai / Panggil saja Aliya

4. インドネシアから来ました。 / Indonesia kara kimashita / Saya berasal dari Indonesia

5. 19歳です。 / Jyuukyuu sai desu / Umur saya 19 tahun

6. 趣味は本を読むことです。 / Shumi wa hon wo yomu koto desu / Hobi saya membaca buku

7. どうぞよろしくお願いします。 / Douzo yoroshiku onegaishimasu / Mohon bimbingannya


1. Salam pembuka perkenalan diri

はじめまして / Hajime mashite yang artinya "Perkenalkan" digunakan untuk mengawali perkenalan diri. Ucapkan dengan lugas dan jelas agar perhatian orang-orang beralih ke kalian.


2. Nama

Ada beberapa opsi untuk menyatakan nama :

  • (わたし)はアリヤシファです。/ Watashi wa Ariya Shifa desu ("watashi wa" boleh digunakan boleh tidak
  • アリヤシファと言います(いいます)。/ Ariya Shifa to iimasu
  • アリヤシファと申します(もうします)。/ Ariya Shifa to moushimasu (Bentuk merendah / lebih sopan dari to iimasu)


3. Nama Panggilan

Agar bisa lebih akrab kita juga bisa menyebutkan nama panggilan kita pada saat memperkenalkan diri loh!

Caranya : Nama panggilan + to yonde kudasai (panggil saja)

  • サンティと呼んで(よんで)ください / Santi to yonde kudasai / Panggil saja Santi
  • ハビブと呼んで(よんで)ください / Habibu to yonde kudasai / Panggil saja Habib
  • イクバルと呼んで(よんで)ください / Ikubaru to yonde kudasai / Panggil saja Ikbal

*Sebenarnya orang Jepang sendiri jarang menggunakan pola kalimat ini, pola kalimat ini biasa digunakan oleh orang yang memiliki nama panjang (bukan orang Jepang). 


4. Negara atau daerah asal

Menyatakan asal juga perlu pada saat memperkenalkan diri. Barang kali ada orang yang asalnya sama seperti kalian atau ada orang Jepang yang tertarik dengan negara atau daerah asal kalian. Dengan begitu mereka akan punya topik pembicaraan dengan kalian.

Caranya : Negara atau daerah asal + kara kimashita (berasal dari)

  • インドネシアから来ました(きました) / Indonesia kara kimashita / Saya berasal dari Indonesia
  • ブラジルから来ました(きました) / Burajiru kara kimashita / Saya berasal dari Brazil 
  • ベトナムから来ました(きました) / Betonamu kara kimashita / Saya berasal dari Vietnam


5. Umur

Dengan menyebut umur kalian, orang yang merasa seumuran dengan kalian pasti akan merasa lebih dekat.

Caranya : Usia + sai (tahun) + desu

  • 18歳(さい)です / Jyuu hassai desu / Umur saya 18 tahun
  • 20歳(さい)です / Hatachi desu / Umur saya 20 tahun
  • 25歳(さい)です / Nijyuu go sai desu / Umur saya 25 tahun


6. Hobi

Dengan memiliki hobi yang sama kalian akan lebih mudah menemukan topik pembicaraan dengan orang yang baru kalian kenal. 

Caranya : Shumi wa (hobi saya) + hobi kalian + desu

  • 趣味(しゅみ)はフットサルです / Shumi wa futtosaru desu / Hobi saya bermain futsal
  • 趣味(しゅみ)は泳ぐ(およぐ)ことです / Shumi wa oyogu koto desu / Hobi saya berenang
  • 趣味(しゅみ)は料理(りょうり)をすることです / Shumi wa ryouri wo suru koto desu / Hobi saya memasak


7. Salam penutup
 
Setelah kalian selesai memperkenalkan diri maka kalian harus tutup dengan salam penutup yaitu どうぞよろしくお願い(おねがい)します / douzo yoroshiku onegai shimasu yang artinya "Mohon bimbingannya".

Gimana guys ? gampangkan ? Selamat Belajar! 頑張ってください!!!💪💪💪

Post a Comment

0 Comments